Senin, 19 September 2011 15.30 WIB
(Vibizmanagement - Leadership) - Kalau kita bicara soal leadership, maka itu berhubungan dengan karakter. Mungkin kita bertanya “ Seberapa pentingkah karakter seseorang ? “ Karakter itu sangatlah penting karena karakter menentukan citra yang ditampilkan kepada orang lain. Dan karakter itu terbentuk dari kebiasaan – kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Hal itu merupakan apa yang orang lain harapkan atas kita misalnya : datang tepat waktu. Jika kita selalu tepat waktu dalam segala hal, maka secara alamiah orang akan mengharapkan hal itu dari kita. Mereka tahu bahwa kita sungguh dapat diharapkan dalam hal tersebut. Dengan demikian, ketetapan waktu adalah salah satu kualitas karakter kita. Demikian pula sebaliknya, jika kita selalu terlambat, maka tidak tepat waktu menjadi bagian dari karakter kita.
Apakah seorang pemimpin harus memiliki Kharisma ? Tidak. Karena kharisma beda dengan karakter Menurut Webster , satu definisi dari kharisma adalah “ daya tarik pribadi yang sangat besar : Pesona” sedangkan karakter adalah “ kekuatan moral/etika : integritas “ Ada banyak orang yang memiliki karisma,tetapi tidak memiliki karakter. Jadi yang terpenting dari seorang pemimpin adalah karakter.
Di dalam buku “ Pemimpin yang sedang di bentuk karangan Joyce meyer “ yang pernah saya baca, ada semua statement yang mengatakan “ salah satu ujian terhadap karakter kita adalah apakah kita mau melakukan hal yang benar kepada orang yang memperlakukan kita tidak benar? “
Mari kita lihat perbedaan Good Leadership vs Bad Leadership.
Bad Leadership
Bad boss sama dengan bad manager, mereka lebih fokus pada pemenuhan kebutuhan pribadinya, termasuk demi keamanan jabatannya. Bad boss bakal susah mengembangkan karyawan atau anggota tim kerjanya. Sebab mereka tidak senang meluangkan waktu demi orang lain. Mereka tidak memahami bahwa leadership adalah mengenai aksi bukan status. Berikut ini identifikasi tanda-tandanya, misalnya:
1. Bad boss ini lebih suka delegasikan hampir semua hal, tanpa mempertimbangkan workload. Ia merasa nyaman dengan cara ini karena seandainya terjadi kegagalan ia bisa menyalahkan karyawan. Ia lupa bahwa tugas bisa didelegasikan, namun tanggung jawab tidak.
2. Dalam kesempatan diskusi atau sharing informasi, Bad Boss lebih senang mengeliminasi diskusi dengan pertanyaan sederhana yang hanya membutuhkan jawaban ya atau tidak. Ia tidak suka mendengar penjelasan. Ia berpikir jangka pendek, tidak menyukai analytical thinking atau asumsi-asumsi yang dilontarkan oleh karyawan.
3. Bad boss tidak akan mampu melakukan inovasi atau terobosan baru. Ia terpola dengan system kerja lama. Bahkan untuk berpikir proaktif, dia cenderung tidak. Berikan sebuah tugas untuk merancang usulan-suatu reengineering proses, misalnya. Dia tidak akan berhasil menyelesaikan proposal itu sampai tuntas.
4. Bad boss cenderung tidak menghargai kontribusi orang lain. Ini mudah dilihat dari sikap tubuhnya, gaya bicaranya dan cara melihat orang lain dalam sebuah rapat formal. Orang lain mudah terluka dari gaya yang dia tunjukkan.
5. Bad boss cenderung menilai pekerjaan orang dari jam kerja, bukan dari performance. Ia senang melihat absent daripada pencapaian. Kriteria disiplin yang diterapkannya adalah kenangan masa lalunya. Ia menuntut kejayaan masa lalunya tetap digenggamnya saat ini ditempat lain. Dan masih banyak lagi...
Good Leadership
Seorang pemimpin yang diakui dan memiliki karakteristik yang baik adalah seorang pemimpin yang dapat menjadi teladan bagi orang lain dan mampu mengidentifikasi tujuan-tujuan organisasi atau target tertentu. Pemimpin yang baik juga dapat memberikan tujuan kepada anggota timnya dan komit mereka untuk bekerja keras dan cerdas untuk mencapai tujuan organisasi yang diinginkan.
Contoh karakteristik kepemimpinan yang baik :
1. Disiplin dan percaya diri karena seorang pemimpin yang baik tahu bahwa karakteristik yang ada didalam dirinya sedang diamati dan diikuti oleh orang-orang di sekelilingnya.
2. Kerja keras dan kecerdasan. Seorang pemimpin yang baik akan menghindari penundaan. Setiap kali situasi yang kompleks muncul, mereka akan membuat analisis menyeluruh dan akan menampilkan kemampuan mereka dan kecerdasan untuk membuat keputusan tepat dan sesuai. Pertimbangan di sini adalah untuk mengetahui bagaimana memilih strategi yang tepat, beradaptasi dengan situasi sekitar dan pemahaman kebutuhan untuk menerima perubahan adalah penting bagi keberhasilan kepemimpinan.
3. Selalu memberikan motivasi untuk sukses.
4. Memiliki komunikasi yang baik dengan anggota timnya yaitu komunikasi dua arah dan merupakan suatu keharusan dalam bentuk apapun .
5. Dapat mengidentifikasi keterampilan anggota dan kemampuan yang berbeda dan membuat mereka untuk bekerja bersama menuju tujuan bersama mencapai tujuan yang ditetapkan dan target
6. Memiliki harga diri yang kuat, keinginan untuk prestasi dan berorientasi tujuan. Dengan harga diri pemimpin yang baik akan mampu menghadapi tantangan berat dan situasi yang kompleks.. Sedangkan yang berorientasi tujuan berarti pemimpin tidak akan syirik dari tugas yang sulit tetapi menggunakan kemampuan dirinya dan anggota timnya untuk mencapai keberhasilan.
7. Optimisme. Seorang pemimpin akan mampu bertepi dengan optimisme yang wajar.. Bagi mereka tantangan dan masalah adalah kesempatan untuk mendapat peluang baru.Dan masih banyak lagi..
Ini lah beberapa garis besar perbedaan good leadership vs bad leadership yang dapat kita lihat didalam segala aspek kehidupan kita baik itu rohani, pribadi, sosial, keluarga, keuangan dan lainnya. Jadi Karakter itu penting bagi kepemimpinan seseorang, atau bagi mereka yang ingin menjadi seorang pemimpin.
Apakah seorang pemimpin harus memiliki Kharisma ? Tidak. Karena kharisma beda dengan karakter Menurut Webster , satu definisi dari kharisma adalah “ daya tarik pribadi yang sangat besar : Pesona” sedangkan karakter adalah “ kekuatan moral/etika : integritas “ Ada banyak orang yang memiliki karisma,tetapi tidak memiliki karakter. Jadi yang terpenting dari seorang pemimpin adalah karakter.
Di dalam buku “ Pemimpin yang sedang di bentuk karangan Joyce meyer “ yang pernah saya baca, ada semua statement yang mengatakan “ salah satu ujian terhadap karakter kita adalah apakah kita mau melakukan hal yang benar kepada orang yang memperlakukan kita tidak benar? “
Mari kita lihat perbedaan Good Leadership vs Bad Leadership.
Bad Leadership
Bad boss sama dengan bad manager, mereka lebih fokus pada pemenuhan kebutuhan pribadinya, termasuk demi keamanan jabatannya. Bad boss bakal susah mengembangkan karyawan atau anggota tim kerjanya. Sebab mereka tidak senang meluangkan waktu demi orang lain. Mereka tidak memahami bahwa leadership adalah mengenai aksi bukan status. Berikut ini identifikasi tanda-tandanya, misalnya:
1. Bad boss ini lebih suka delegasikan hampir semua hal, tanpa mempertimbangkan workload. Ia merasa nyaman dengan cara ini karena seandainya terjadi kegagalan ia bisa menyalahkan karyawan. Ia lupa bahwa tugas bisa didelegasikan, namun tanggung jawab tidak.
2. Dalam kesempatan diskusi atau sharing informasi, Bad Boss lebih senang mengeliminasi diskusi dengan pertanyaan sederhana yang hanya membutuhkan jawaban ya atau tidak. Ia tidak suka mendengar penjelasan. Ia berpikir jangka pendek, tidak menyukai analytical thinking atau asumsi-asumsi yang dilontarkan oleh karyawan.
3. Bad boss tidak akan mampu melakukan inovasi atau terobosan baru. Ia terpola dengan system kerja lama. Bahkan untuk berpikir proaktif, dia cenderung tidak. Berikan sebuah tugas untuk merancang usulan-suatu reengineering proses, misalnya. Dia tidak akan berhasil menyelesaikan proposal itu sampai tuntas.
4. Bad boss cenderung tidak menghargai kontribusi orang lain. Ini mudah dilihat dari sikap tubuhnya, gaya bicaranya dan cara melihat orang lain dalam sebuah rapat formal. Orang lain mudah terluka dari gaya yang dia tunjukkan.
5. Bad boss cenderung menilai pekerjaan orang dari jam kerja, bukan dari performance. Ia senang melihat absent daripada pencapaian. Kriteria disiplin yang diterapkannya adalah kenangan masa lalunya. Ia menuntut kejayaan masa lalunya tetap digenggamnya saat ini ditempat lain. Dan masih banyak lagi...
Good Leadership
Seorang pemimpin yang diakui dan memiliki karakteristik yang baik adalah seorang pemimpin yang dapat menjadi teladan bagi orang lain dan mampu mengidentifikasi tujuan-tujuan organisasi atau target tertentu. Pemimpin yang baik juga dapat memberikan tujuan kepada anggota timnya dan komit mereka untuk bekerja keras dan cerdas untuk mencapai tujuan organisasi yang diinginkan.
Contoh karakteristik kepemimpinan yang baik :
1. Disiplin dan percaya diri karena seorang pemimpin yang baik tahu bahwa karakteristik yang ada didalam dirinya sedang diamati dan diikuti oleh orang-orang di sekelilingnya.
2. Kerja keras dan kecerdasan. Seorang pemimpin yang baik akan menghindari penundaan. Setiap kali situasi yang kompleks muncul, mereka akan membuat analisis menyeluruh dan akan menampilkan kemampuan mereka dan kecerdasan untuk membuat keputusan tepat dan sesuai. Pertimbangan di sini adalah untuk mengetahui bagaimana memilih strategi yang tepat, beradaptasi dengan situasi sekitar dan pemahaman kebutuhan untuk menerima perubahan adalah penting bagi keberhasilan kepemimpinan.
3. Selalu memberikan motivasi untuk sukses.
4. Memiliki komunikasi yang baik dengan anggota timnya yaitu komunikasi dua arah dan merupakan suatu keharusan dalam bentuk apapun .
5. Dapat mengidentifikasi keterampilan anggota dan kemampuan yang berbeda dan membuat mereka untuk bekerja bersama menuju tujuan bersama mencapai tujuan yang ditetapkan dan target
6. Memiliki harga diri yang kuat, keinginan untuk prestasi dan berorientasi tujuan. Dengan harga diri pemimpin yang baik akan mampu menghadapi tantangan berat dan situasi yang kompleks.. Sedangkan yang berorientasi tujuan berarti pemimpin tidak akan syirik dari tugas yang sulit tetapi menggunakan kemampuan dirinya dan anggota timnya untuk mencapai keberhasilan.
7. Optimisme. Seorang pemimpin akan mampu bertepi dengan optimisme yang wajar.. Bagi mereka tantangan dan masalah adalah kesempatan untuk mendapat peluang baru.Dan masih banyak lagi..
Ini lah beberapa garis besar perbedaan good leadership vs bad leadership yang dapat kita lihat didalam segala aspek kehidupan kita baik itu rohani, pribadi, sosial, keluarga, keuangan dan lainnya. Jadi Karakter itu penting bagi kepemimpinan seseorang, atau bagi mereka yang ingin menjadi seorang pemimpin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar