PENGEMBANGAN DIRI
1. Pendidikan
dan Latihan
(Diklat) Fungsional
Diklat fungsional bagi guru adalah
kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau latihan yang bertujuan untuk
meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan dalam kurun waktu tertentu.
Macam kegiatan dapat berupa kursus, pelatihan, penataran, maupun berbagai
bentuk diklat yang lain. Guru dapat mengikuti kegiatan diklat fungsional, atas
dasar penugasan baik oleh kepala sekolah/madrasah atau institusi yang lain,
maupun atas kehendak sendiri dari guru yang bersangkutan.
Besaran angka kredit untuk kegiatan
mengikuti diklat fungsional adalah sebagai berikut:
No
|
Lama pelaksanaan
diklat (dalam satuan jam efektif pelaksanaan diklat)
|
Angka Kredit
|
1
|
Lebih
dari 960 jam
|
15
|
2
|
Antara
641 s/d 960
|
9
|
3
|
Antara
481 s/d 640
|
6
|
4
|
Antara
181 s/d 480
|
3
|
5
|
Antara
81 s/d 180
|
2
|
6
|
Antara
30 s/d 80
|
1
|
2. Kegiatan
Kolektif Guru
Kegiatan kolektif guru
adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan pertemuan ilmiah atau mengikuti
kegiatan bersama yang dilakukan guru yang bertujuan untuk meningkatkan
keprofesian guru yang bersangkutan. Guru dapat mengikuti kegiatan kolektif
guru atas dasar penugasan baik oleh kepala sekolah/madrasah atau institusi yang
lain, maupun atas kehendak sendiri guru bersangkutan. Macam
kegiatan tersebut dapat berupa:
a) Mengikuti lokakarya atau
kegiatan kelompok kerja guru (KKG)/musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) atau inhouse
training untuk penyusunan perangkat kurikulum dan/atau kegiatan
pembelajaran termasuk pembelajaran berbasis TIK, penilaian, pengembangan media
pembelajaran, dan/atau kegiatan lainnya untuk kegiatan pengembangan keprofesian
guru.
b) Mengikuti, baik sebagai
pembahas maupun sebagai peserta, pada seminar, koloqium, diskusi panel, atau
bentuk pertemuan ilmiah lainnya.
c)
Mengikuti
kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru terkait
dengan pengembangan keprofesiannya.
Besaran angka kredit untuk kegiatan mengikuti kegiatan
kolektif guru adalah sebagai berikut:
No.
|
Macam Kegiatan
Kolektif yang Diikuti Guru
|
Angka Kredit
|
1
|
Lokakarya
atau kegiatan bersama (seperti kelompok/ musyawarah kerja guru) untuk
penyusunan perangkat kurikulum dan atau pembelajaran
|
0,15
|
2
|
Kegiatan
ilmiah, seperti seminar, koloqium, diskusi panel atau bentuk pertemuan ilmiah
yang lain:
•
Sebagai pembahas atau pemakalah
•
Sebagai peserta
|
0,20
0,10
|
3
|
Kegiatan
kolektif lainnya yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru
|
0,10
|
Untuk keperluan pemberian angka
kredit, guru yang bersangkutan diminta membuat laporan
pengembangan diri yang pernah diikuti. Laporan tersebut untuk satu atau beberapa kegiatan yang
diikuti, diketik dan dijilid serta disajikan dengan kerangka isi sebagai
berikut
FORMAT LAPORAN
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
LEMBAR SAMPUL
LEMBAR IDENTITAS
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
A.
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
2. Tujuan
Umum
B.
PENGEMBANGAN
DIRI (1)
1. Waktu
Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
2. Jenis
Kegiatan
3. Tujuan
PD
4. Uraian
Materi PD
5. Tindak
Lanjut
6. Dampak
PD
C. PENGEMBANGAN
DIRI (2 dst)
1. Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan
2. Jenis Kegiatan
3. Tujuan PD
4. Uraian Materi PD
5. Tindak Lanjut
6. Dampak PD
D.
PENUTUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN
·
Format Rekapitulasi Kegiatan
Pengembangan Diri
·
Foto Copy Sertifikat/Surat Keterangan
·
Foto Copy Surat Penugasan Kepala
Sekolah/Madrasah (Bila penugasan bukan dari kepala sekolah/madrasah (misalnya
dari institusi lain atau kehendak sendiri), harus disertai dengan surat
persetujuan mengikuti kegiatan dari kepala sekolah/ madrasah)
·
Makalah (materi) yang disajikan dalam
kegiatan pertemuan, bila yang bersangkutan sebagai peserta maupun pembahas dalam
kegiatan kolektif guru
Lembar Sampul
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
NAMA GURU
NIP
ASAL UNIT KERJA
UNIT KERJA
ALAMAT UNIT KERJA
TAHUN PEMBUATAN
LAPORAN
Lembar Identitas
IDENTITAS GURU
1.
|
Nama Sekolah
|
:
|
|
2.
|
Nama Guru
|
:
|
|
3.
|
NIP
|
:
|
|
4.
|
Jabatan/Golongan Guru
|
:
|
|
5.
|
Alamat Sekolah
|
:
:
:
:
|
|
6.
|
Mengajar Mata Pelajaran
|
:
|
|
7.
|
SK Pengangkatan
|
||
|
a.
Sebagai CPNS
b.
Pangkat Terakhir
|
:
:
:
:
:
:
|
|
8.
|
Alamat Rumah
|
:
:
:
:
|
|
Lembar Pengesahan
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
Oleh:
NAMA GURU
NIP
.........., .......................
20...
Kepala Sekolah, Koordinator PKB,
NAMA NAMA
NIP NIP
BAGIAN
PENDAHULUAN
·
Latar
Belakang: latar belakang guru melakukan pengembangan diri
·
Tujuan:
tujuan guru melakukan pengembangan diri
BAGIAN ISI
·
Uraian rinci dari waktu dan lama pelaksanaan, penyelenggara kegiatan, nama kegiatan, dan tujuan
pengembangan diri yang diikuti
·
Penjelasan isi materi yang disajikan dalam
pengembangan diri serta uraian kesesuaian dengan peningkatan keprofesian guru
yang bersangkutan
·
Tindak
lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru
peserta pengembangan diri berdasarkan hasil mengikuti/melaksanakan pengembangan
diri tersebut
·
Dampak
terhadap peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan mutu KBM dan siswanya
Format
Rekapitulasi Kegiatan Pengembangan Diri
REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN
DIRI
No
|
Nama Kegiatan
|
Materi PD/ Kompetensi
|
Peran Guru
|
Waktu/ Jam PD
|
Nama Fasilitator
|
Tempat Kegiatan
|
Institusi Penyelenggara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar